2017/02/22

Sejarah tentang Keris Semar Mesem yang katanya Ilmu Pelet Ampuh

Sejarah tentang Keris Semar Mesem yang katanya Ilmu Pelet Ampuh

Apakah kalian penasaran dengan mustika yang satu ini?
Mustika ini namanya Keris Semar Mesem. Ko bisa namanya semar mesem? Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan asal-usul dari keris ini.
Semar Wayang Golek
sources Wikipedia Semar Wayang Golek



Semar merupakan nama salah satu tokoh yang ada dalam dunia pewayangan punakawan, dalam kisah pewayangan shang Semar inilah yang selalu memberikan solusi yang bijak ketika ada masalah dalam pertikaian antara pandawa dan kurawa. 

Sosoknya memang aga sedikit aneh, perutnya buncit, rambutnya memiliki kuncir di depan serta memiliki warna kulit yang hitam dan muka yang berwarna putih. Namun dari semua bentuk semar yang sedemikian aneh itu mengandung makna yang sangat dalam.


Semar Wayang Kulit
Semar Wayang Kulit
Dalam cerita pewayangan tersebut sosok asli yang sebenarnya semar ini merupakan jelmaan dari dewa yang turun kebumi dan menyamar menjadi  seorang pelayan atau pembantu. Meskipun sosok semar sederhana namun memiliki kemampuan tingkat dewa, bahkan kesaktiannya tidak ada yang menandinginya.
Lalu apa artinya mesem itu?
Mesem merupakan arti dari bahasa jawa yang artinya senyum. Dalam beberapa hal senyum dapat membuat orang lain terpikat dan biasanya orang yang ramah senyum itu banyak orang yang menyukainya. Dalam alkisah semar yang berwujud jelek ini bisa memikat seorang putri kerajaan yang cantik bagaikan bidadari hanya dengan senyuman.
Mungkin karena   kesaktian inilah sang tokoh semar ini di jadikan nama untuk mustika ini. Meskipun bentuk dan ukuranya kecil dan sederhana namun memiliki kesaktian yang sangat luar biasa. Di masyarakat luas kata semar mesem ini terkenal menjadi 2. Yang satu berupa keris semar mesem dan satunya lagi berupa ajian semar mesem. 

Keris Semar Mesem Asli
Keris Semar Mesem


Keris semar mesem ini memiliki ukuran yang kecil kurang lebih tinggi 6, 5 cm dan lebar 4 cm. Bahanya dari logam kuningan ada juga yang dari bahan baja. Konon katanya kegunaan dari keris ini sebagai pemikat atau pelet lawan jenis bahkan ada juga yang kegunaannya untuk kewibawaan dan lain lain.
Ajian Semar Mesem
Ajian Semar Mesem


Sedangkan ajian semar mesem, merupakan bacaan atau sejenis mantra . Apabila di bacakan dengan jumlah tertentu  dan disertai puasa maka, ajian atau mantra tersebut bisa di jadikan ilmu pelet atau ilmu pemikat. Konon katanya mantra atau ajian ini paling bagus di antara ilmu pemikat yang lainnya.
Adapun tentang kisah sejarah yang menyebutkan orang yang pernah menguasai ilmu semar mesem , adalah Ki ageng Pemanahan beliau adalah cucu dari Ki Ageng Selo.  Dia pernah memiliki pusaka keris semar mesem yang di gunakan untuk memikat hati lawan jenisnya. Tentu saja selain memiliki pusaka keris semar mesem beliau juga memiliki ajiannya.
Ilmu semar mesem sampai sekarang masih saja menjadi bahan perbincangan bagi kalangan pencinta pusaka. Bahkan tidak sedikit dari mereka mencoba mendapatkan peruntungan dari menjual belikan keris semar mesem ini.
Kalau melihat dari kemampuanya maka pasti banyak orang yang menginginkanya. Namun adanya peminat yang banyak menjadikan barang ini sulit untuk di jumpai, apabila ada juga harganya bisa mencapai selangit. Mendengar hal tersebut, banyak orang mencoba mengambil keuntungan dengan cara memalsukannya. Jadi, mungkin saja ada di antara anda anda semua yang  memiliki barang palsunya. Saya sarankan bagi anda peminat barang unik yang satu ini, untuk berhati hati membelinya karena , tidak menutup kemungkinan barang tersebut palsu.
Apabila kita lihat dengan kasat mata barang tersebut memang sama tidak ada bedanya yang asli dan yang palsu, sama sama barang benda mati. Yang membedakan adalah isi khodam yang ada di dalam keris tersebut, jadi apabila anda peminat keris seperti ini dan tidak bisa merasakan khodam dari benda tersebut hendaklah anda membawa pendamping yang lebih mengetahui tentang benda benda berkhodam. Agar anda tidak menyesal kemudian.
Atau mungkin anda sedikit memahami ciri-ciri dari keris semar mesem yang asli dan yang palsu,seperti mengetahui dari bahan baku keris tersebut, memahami motif dari keris, mengetahui berat keris tersebut dengan timbangan khodam dan ada pula yang menguji keaslian dari keris ini dengan seekor ayam, karena ayam memiliki kepekaan yang sangat sensitip terhadap hal berbau gaib.
Nah itulah sedikit tentang penjelasan dari keris semar mesem dan ilmu ajian semar mesem. Semuga artikel ini menjadikan wawasan bagi anda yang belum mengetahuinya. 

No comments:

Post a Comment

Pencarian Terbanyak

Sejarah tentang Keris Semar Mesem yang katanya Ilmu Pelet Ampuh

Sejarah tentang Keris Semar Mesem yang katanya Ilmu Pelet Ampuh Apakah kalian penasaran dengan mustika yang satu ini? Mustika ini na...